Air Untuk Kehidupan

Penjernih Air Berkualitas

Sumber Air Bersih

| 0 comments

Sumber air bersih adalah sumber air yang akan digunakan oleh msyarakat untuk keperluan sehari-hari. Sumber air bersih masyarakat biasanya berasal dari sumber air permukaan. Yang termasuk kedalam air permukaan diantaranya adalah air sungai, air tanah, air danau dan jenis air lain yang pada dasarnya berada di permukaan.

Air sungai biasanya digunakan sebagai sumber air bersih oleh sebagian masyarakat. Terutama mayarakat yang tinggal di daerah sekita hulu sungai. Masyarakat menggunakan air sungai untuk kebutuhan mandi, mencuci dan juga memasak. Nmun karena polusi dari limbah, baik dari limbah industri maupun dari limbah rumah tangga, kini kualitas air di sebagian wilayah di Indonesia, terutama di daerah perkotaan mengalami penurunan kualitas, hingga sampai sumber air tersebut tidak dapat lagi di gunakan sebagai sumber air bersih karena kualitasnya sudah tidak memenuhi standar kualitas air bersih yang layak digunakan.

Air adalah kebutuhan dasar untuk kehidupan manusia, terutama untuk digunakan sebagai air minum, memasak makanan, mencuci, mandi dan kakus. Ketersediaan sistem penyediaan air bersih merupakan bagian yang selayaknya diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan. Hingga saat ini penyediaan oleh pemerintah menghadapi keterbatasan, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya.

Pelayanan air bersih di perkotaan di Indonesia sampai tahun 2000 baru mencapai 39% atau 33 juta penduduk, dan di pedesaan baru menjangkau 8% atau 9 juta penduduk, sehingga keseluruhan baru mencapai 47% atau 42 juta penduduk Indonesia. Keadaan ini berarti menggambarkan bahwa pelayanan air bersih belum dirasakan merata dan dinikmati oleh sebagian besar masyarakat. Sebagian besar masyarakat masih menggunakan air sungai, danau, sumber-sumber air, atau hanya mengandalkan air hujan.

Untuk di daerah perkotaan, pada umumnya sumber air bakunya dari sungai, yang makin hari tercemar oleh ulah masyarakat sendiri dengan membuang sampah sembarangan dan juga dari banyak barang bekas rumah tangga, pabrik dan lainnya. Selain itu juga dihadapkan kepada perubahan lingkungan yang dilakukan oleh manusia, di antaranya rawa, kolam, danau dan sungai yang diurug, serta penggunaan daerah resapan air untuk bangunan dan juga banyak kawasan tadah hujan berupa hutan terganggu.

Keterbatasan sumber air bersih yang semakin langka, dan sebagian masyarakat yang menggunakan air yang sudah tercemar, perlu segera ditangani dengan baik. HYDRO alat penjernih air memberikan solusi bagi permasalahan air Anda. Air anda keruh, berbau mengandung banyak besi, mangan dan berasa?? HYDRO solusinya.

HYDRO for human life!

info lengkap: www.hydro.co.id

sumber: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/31431/4/Chapter%20II.pdf

Leave a Reply